7 Cara Mengatasi Brimo Tidak Bisa Login Lengkap Beserta Penyebabnya

7 Cara Mengatasi Brimo Tidak Bisa Login Lengkap Beserta Penyebabnya

Brimo tidak bisa log in? tentunya hal ini sering kali dirasakan oleh pengguna mobile banking besutan Bank BRI ini. Lalu apakah penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, maka Anda wajib menyimak artikel kami kali ini sampai selesai supaya Anda tidak mengalami kesulitan lagi ketika log in untuk menggunakan Brimo. 

Sekilas Brimo

BRImo adalah aplikasi keuangan digital yang merupakan hasil dari pengembangan aplikasi sebelumnya, yaitu BRI Mobile. Memiliki tampilan UI/UX yang modern dan memiliki integrasi fitur Internet Banking, Mobile Banking, dan uang elektronik dalam satu platform. BRImo membuat penggunanya lebih mudah melakukan transaksi pembelian dan pembayaran tanpa harus mengantri di cabang bank BRI.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Login

Sebelum mengetahui solusi yang tepat untuk di ambil, ada baiknya Anda mengetahui penyebab yang biasanya mengakibatkan Brimo gagal log in.

Apa sebenarnya faktor yang menyebabkan aplikasi BRIMo tidak bisa login? Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah login. Oleh karena itu, sebaiknya kenali terlebih dahulu beberapa penyebab mengapa tidak dapat login sebelum mencari solusi untuk mengatasinya.

Ada beberapa pengguna yang melaporkan bahwa salah satu penyebab umum adalah munculnya kode P7 setelah membuka aplikasi BRIMo. Kode ini dapat membuat sebagian pengguna BRIMo merasa bingung dan khawatir. Namun, jika Anda belum tahu, kode P7 berarti bahwa User ID sedang digunakan

Selain hal di atas terdapat pula beberapa penyebab lainnya yang mungkin baru akan Anda sadari di antaranya:

1. Kesalahan Pengguna dalam Logout Akun BRImo

Pengguna tidak mengklik tombol logout atau keluar saat selesai menggunakan aplikasi BRImo. Ini dapat menyebabkan masalah keamanan dan privasi karena orang lain dapat mengakses akun BRImo Anda jika Anda tidak logout secara benar.

2. Pengguna BRImo Login Terlalu Sering

Beberapa pengguna mungkin terlalu sering login dan logout dalam waktu yang berdekatan, yang dapat menyebabkan aplikasi BRImo mengalami masalah dan mengalami lag.

3. Adanya Maintenance dan Perlu Diupdate: 

Dalam beberapa kasus, BRImo mungkin mengalami maintenance untuk memperbaiki bug atau menambah fitur baru. Dalam hal ini, pengguna mungkin harus mengupdate aplikasi BRImo agar dapat berfungsi dengan baik.

4. Terdapat Cache Menumpuk

Cache adalah data sementara yang dikumpulkan oleh aplikasi. Jika terlalu banyak cache menumpuk, itu dapat membuat perangkat menjadi lebih lambat dan menyebabkan masalah login pada aplikasi BRImo.

5. SIM Card Tertukar

BRImo memerlukan nomor telepon yang terdaftar berada di slot SIM 1. Jika nomor tersebut tidak berada di slot SIM 1, pengguna tidak akan dapat login ke aplikasi BRImo.

6. Koneksi Internet Buruk: 

Koneksi internet buruk dan tidak stabil dapat menyebabkan aplikasi BRImo terputus secara tiba-tiba dan menyebabkan masalah login. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa koneksi internet stabil dan cukup cepat sebelum menggunakan aplikasi BRImo.

7. Akun Sedang di gunakan pada Internet Banking BRI

Akun BRImo hanya dapat digunakan pada satu layanan Mobile Banking BRI. Jika Anda sebelumnya menggunakan internet banking BRI dan kemudian mencoba mengakses akun Anda melalui BRImo, maka salah satu akun dari kedua aplikasi tersebut tidak dapat login. Ini disebabkan karena kedua aplikasi tersebut tidak dapat berjalan bersamaan pada satu akun di waktu yang bersamaan.

8. Akun Brimo Anda di blokir

Dalam beberapa kasus yang parah Anda tidak akan bisa membuka akun brimo karena memang akun anda terblokir, berikut beberapa penyebab akun anda di blokir:
  1. Salah memasukkan password tiga kali.
  2. Salah memasukkan kode aktivasi m-Token.
  3. Salah memasukkan kode m-Token tiga kali secara beruntun.
  4. Tidak melakukan aktivasi m-Token selama tujuh hari setelah registrasi m-Token.
  5. Tidak melakukan login selama 45 hari setelah terdaftar

Cara Mengatasi Brimo Tidak Bisa Login

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, seharusnya Anda mulai paham apa yang harus Anda lakukan. Tentunya dengan menyesuaikan penyebab di atas. Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Pastikan Anda Tidak Login di internet banking BRI

Langkah pertama untuk mengatasi gagal login brimo adalah dengan memastikan bahwa Anda sudah logout akun BRI di layanan Internet Banking. Ini karena Anda tidak diperbolehkan untuk login pada dua perangkat secara bersamaan.

2. Pastikan Kartu SIM tidak tertukar

Ini merupakan hal yang sangat penting, karena biasanya untuk keamanan setiap aplikasi perbankan mengharuskan penggunya untuk menyimpan nomor HP terdaftar berada di SIM1. Maka cek kembali apakah nomor hp yang Anda gunakan untuk daftar brimo sudah berada di SIM1.

3. Pastikan Anda memasukan Username dan Passswod dengan benar

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting, Username dan Password harus benar dan jangan sampai salah ketik. Tak jarang pula beberapa pengguna lupa akan username dan terutama seringkali lupa akan password. Jika Anda sedang mengalaminya coba Anda baca artikel kami sebelumnya tentang cara mengatasi lupa password BRImo.

4. Pastikan Akun Anda tidak di blokir

Untuk mngetahuinya cukup mudah, biasanya ketika Anda gagal log in maka akan muncul peringatan bahwa akun Anda di blokir dengan kode Q2. Untuk mengatasinya Anda bisa menghubungi CS BRI atau bisa langsung datang ke kantor BRI terdekat.

5. Pastikan Internet Stabil

Seringkali di anggap remeh, namun jangan salah bisanya aplikasi perbankan membutuhkan koneksi internet yang baik dan stabil. koneksi intenet yang buruk akan menyebabkan server lambat merespon yang nantinya akan menyebabkan gagal login.

6. Tunggu maintenance selesai

Jika memang penyebab Anda gagal login adalah Brimo yang sedang melakukan maintenance, maka tidak ada cara lain selain menunggu update tersebut selesai. biasanya setelah update Anda akan di haruskan untuk mengupdate Aplikasi Brimo di Playstore.

7. Datang Langsung ke Kantor BRI

Jika semua cara di atas tetap tidak bisa menyelesaikan masalah login Anda, maka solusi terakhir yang baiknya Anda lakukan adalah langsung saja datang ke kantor BRI terdekat di kota Anda. Biasanya CS akan meminta informasi dari Anda terkait kegagalan login dan langsung memperbaiknya saat itu juga.

Kesimpulan

Kehadiran Bank digital semisal BRImo memang mampu memudahakn kita dalam hal bertransaksi di kehidupan sehari hari. Tentunya Anda harus memanfaatkan kemajuan teknologi seperti ini. Namun tetap saja terkadang masalah muncul termasuk susah log ini.

Tapi tenang saja Anda tidak perlu khawatir segala masalah pasti ada solusinya, Apalagi sekelas BRI yang sudah terkenal di dunia perbankan pasti selalu siap memberikan pelayanan terbaiknya terkait permasalahan yang di hadapi pelangganya.

Sekian informasi tentang cara mengatasi Brimo tidak bisa login beserta penyebabnya yang bisa kami bagikan. Semoga dengan adanya artikel ini Anda akan terbantu sehingga Anda bisa mkembali menggunakan Brimo Anda dan siap bertransaksi kembali.

Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Brimo Tidak Bisa Login Lengkap Beserta Penyebabnya"