Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi DANA: Pemilik, Kegunaan, Kelebihan, Keuntungan, Apakah Aman?

Aplikasi DANA: Pemilik, Kegunaan, Kelebihan, Keuntungan, Apakah Aman?

Dewasa ini, penggunaan dompet digital/E-wallet sudah banyak digunakan oleh masyarakat masa kini. Perubahan gaya hidup dimana segalanya menjadi online membuat banyak dompet digital bermunculan. Salah satunya adalah aplikasi DANA yang merupakan sebuah aplikasi dompet digital yang berlaku secara resmi di Indonesia yang aman.

Selain aman, E-wallet satu ini juga bisa dipakai untuk melakukan transaksi keuangan atau pembayaran melalui ponsel pintar kapan saja serta dari mana saja. Bahkan menurut sebuah survey, dompet digital DANA ini berhasil menduduki peringkat 5 besar untuk deretan aplikasi dompet digital terbaik yang ada di Indonesia. Sama halnya dengan aplikasi dompet digital lainnya semisal Gopay, Ovo, Link Aja, Shopeepay aplikasi dana bisa membantu anda dalam melakukan transkasi apapun. Mau tahu lebih jauh tentang DANA? Baca terus artikel kami kali ini sampai selesai.

Apa Itu Aplikasi DANA?

DANA adalah sebuah layananan pembayaran digital berbasis openplatform di bidang jasa keuangan. dompet digital ini bisa digunakan untuk beragam jenis transaksi jual beli atau pembayaran yang dilakukan masyarakat sehari-hari. Penggunaan dompet digital mulai trend dilakukan sejak masa pandemi yang membuat semua orang harus meminimalisir penggunaan uang tunai dan mengakses apa pun dari rumah saja. 

Dompet digital satu ini sudah hadir sejak tahun 2017 yang lalu namun baru secara resmi dirilis pada bulan November tahun 2018. Dompet digital DANA diketahui bisa melakukan transaksi non kartu dan non tunai secara digital. 

Kini dengan menggunakan dompet digital DANA maka Anda bisa melakukan pembayaran untuk membayar belanjaan offline, membeli makanan dengan delivery order, membeli pulsa, membayar tagihan atau cicilan bulanan, membayar tagihan listrik hingga untuk melakukan transfer uang ke rekening lainnya. 

Dompet digital DANA bisa digunakan sebagai alat pembayaran secara virtual dengan mengaksesnya menggunakan ponsel cerdas berbasis android atau IOS. Disamping itu, pengguna DANA juga bisa melakukan pengaturan untuk menghubungkan aplikasi dompet digital DANA dengan kartu kredit atau rekening tabungan yang dimilikinya. 

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi via toko aplikasi yang ada di ponsel cerdas, kemudian melakukan registrasi dan melakukan top up saldo DANA via minimarket dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit atau transfer bank yang digunakan. 

Siapa Pemilik DANA?

Vincent Henry Iswaratioso di ketahui sebagai CEO sekaligus Founder dari DANA, selain itu ia juga menjabat sebagai Country Head Alipay Indonesia. Dana I kembangkan oleh perusahaan PT Espay Debit Indonesia Koe. PT Espay Debit Indonesia Koe sendiri berada di bawah kepemilikan PT Elang Andalan Nusantara (EAN), Investor utama dari perusaahan ini di ketahui adalah  PT Elang Sejahtera Mandiri, yang mana PT Elang Sejahtera Mandiri merupakan anak perusaan dari PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK). 

Ketahui Apa Saja Kegunaan DANA?

Berikut ini adalah beberapa kegunaan yang dimiliki oleh aplikasi DANA untuk digunakan sebagai aplikasi pembayaran virtual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kekinian. 

Metode Pembayaran Virtual

Kegunaan aplikasi Dana yang paling utama adalah menjadi metode pembayaran virtual yang memberikan peluang bagi pengguna untuk bertransaksi kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. 

Aplikasi ini mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi sehingga tak perlu khawatir dana yang tersimpan karena pencurian data. Lagipula, DANA sendiri sudah menjadi partner merchant pembayaran di seluruh Indonesia dan beberapa diantaranya tentu perusahaan-perusahaan besar seperti Bukalapak, Cinema XXI, Reservasi, Sepulsa, Alfamart, Maybank, BCA, BNI, TIX ID dan BPJS Kesehatan.

Melakukan Aneka Jenis Pembayaran 

Sebelum Anda melakukan pembayaran virtual dengan menggunakan aplikasi DANA, terlebih dahulu lakukan pengisian saldo sehingga dana yang tersimpan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran sesuai kebutuhan. Pengisian saldo bisa dilakukan via minimarket yang melayani top up saldo Dana dengan menggunakan sarana kartu debit, kartu kredit atau transfer bank. Berikut fitur yang tersedia di Dana yang bisa digunakan untuk melakukan beragam jenis pembayaran sebagai berikut:

Pembayaran tagihan bulanan

Setiap orang pasti memiliki tagihan bulanan yang berbeda dari mulai pembayaran tagihan listrik, air, telepon, internet, BPJS kesehatan, kredit motor atau mobil dan lain sebagainya. Kadang karena kesibukan yang cukup tinggi membuat Kita kesulitan atau terlupa untuk membayar tagihan bulanan tersebut. Nah dengan aplikasi Dana maka Anda pun bisa membayar semua tagihan bulanan secara tepat waktu, tanpa harus antre atau pergi ke berbagai tempat untuk melakukan pembayaran tersebut. 

Membeli pulsa HP

Di masa sekarang, kebutuhan akan pulsa dan internet seakan menjadi hal wajib yang harus terpenuhi dengan baik. Namun terkadang, Kita menjadi bingung tatkala tiba-tiba kehabisan pulsa dan membuat koneksi terputus. Dengan aplikasi Dana maka pengisian pulsa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja Anda membutuhkannya dengan cepat serta mudah. 

Membayar transaksi belanja di aneka merchant offline

Ternyata bukan hanya pembayaran untuk belanjaan online saja, untuk pembelanjaan offline pun bisa dibayarkan dengan menggunakan aplikasi Dana dimana untuk melakukannya penjual bisa meminta nomor HP yang Anda miliki untuk melakukan transaksi pembayaran. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa transaksi pembayaran sudah berhasil dilakukan. 

Pengisian ulang saldo investasi 

Apakah Anda sedang tertarik untuk melakukan investasi? Nah untuk berinvestasi beberapa penyedia layanan investasi keuangan saat ini mengharuskan investor untuk melakukan top up atau isi ulang dengan sejumlah dana tertentu. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan aplikasi Dana. 

Untuk melakukan pembayaran STNK melalui layanan Signal

Dana kini sudah memiliki sistem yang terintegrasi langsung dengan Signal atau Samsat Digital Nasional sehingga bisa memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pembayaran lainnya

Danapay

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna Dana bisa tetap melakukan transaksi meski sedang melakukan top up untuk mengisi saldo yang tak cukup. Setelah itu, transaksi pembayaran pun akan bisa terselesaikan secara otomatis. 

Rapor Dana

Sebuah fitur yang memberikan panduan bagi pengguna untuk mengelola keuangannya serta untuk memperoleh rekomendasi manajemen keuangan yang sudah dipersonalisasi melalui survey yang dilakukan pada pengguna. 

Kirim dan Tarik Tunai di Alfamart

Fitur dari Dana yang bisa membantu pengguna untuk melakukan pengiriman uang pada penerima yang tak mempunyai rekening bank atau aplikasi Dana sehingga bisa melakukan tarik tunai uang di Alfamart yang terdekat dari tempat tinggalnya. 

Transfer dari Dana ke Aplikasi Dompet Digital Lainnya

Aplikasi Dana diketahui juga memiliki layanan untuk melakukan transfer sejumlah uang ke rekening bank lainnya atau dompet digital lainnya selain Dana. 

Anda bisa melakukan transfer sejumlah uang dari aplikasi dompet digital Dana ke sesama penggunanya, ke rekening bank lainnya atau ke dompet digital lainnya yang juga tersedia di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang cara transfer dari aplikasi Dana ke rekening bank atau dompet digital lainnya.

Bagiamana Cara Membuat Akun DANA?

Lalu bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi pengguna Dana? Berikut tahapan pendaftaran yang harus Anda lakukan dengan baik dan benar pada dompet digital besutan PT.Espay Debit Indonesia Koe yang merupakan perusahaan bentukan dari Ant Finansial dan Emtek Group. 

Unduh aplikasi Dana di toko aplikasi ponsel cerdas yang digunakan

  1. Install aplikasi tersebut dengan benar di ponsel cerdas Anda, pastikan media penyimpanan memiliki kapasitas yang memadai
  2. Masukkan nomor telepon HP yang masih aktif di kolom yang tersedia kemudian klik opsi Lanjutkan
  3. Anda kemudian akan mendapatkan kode OTP sebanyak 4 digit angka yang dikirimkan via SMS, email atau panggilan telepon
  4. Masukkan kode OTP yang berhasil dikirimkan ke nomor HP atau alamat email atau via panggilan telepon pada Anda
  5. Isikan data nama lengkap Anda di form aplikasi dengan benar sesuai kartu identitas diri yang masih berlaku
  6. Upload foto Anda di kolom yang tersedia, usahakan untuk menggunakan foto yang terbaru 
  7. Pilih opsi untuk Daftar lalu masukkan nomor PIN sejumlah 6 digit yang dibutuhkan untuk memberikan akun Dana Anda keamanan kemudian Klik untuk melanjutkan proses pendaftaran
  8. Tunggu hingga muncul notifikasi yang memberikan informasi bahwa proses pendaftaran akun Dana Anda berhasil dilakukan 
  9. Setelah akun berhasil dibuat, Anda bisa melakukan isi ulang saldo Dana dengan menggunakan layanan transfer uang dari rekening tabungan atau dengan menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit yang dimiliki. 

Lakukan Upgrade Menjadi DANA Premium untuk Mendapatkan Keuntungan Tambahan

Aplikasi dompet digital Dana juga memiliki layanan premium dengan segala kelebihan dan keuntungan yang dimilikinya. Untuk memperolehnya, Anda diharuskan melakukan upgrade aplikasi Dana sehingga menjadi jenis akun dengan kualitas premium yang mana sudah ter verifikasi dengan biometrik dan eKTP. 

Adapun beberapa keuntungan yang bisa didapatkan setelah melakukan upgrade Dana dari akun reguler menjadi premium adalah sebagai berikut:

  • Bisa melakukan pengisian ulang saldo Dana hingga sejumlah 10 juta rupiah
  • Mendukung untuk dilakukan penarikan saldo Dana dalam bentuk uang tunai
  • Bisa melakukan pengiriman atau transfer uang ke sesama pengguna aplikasi dompet digital Dana
  • Bisa melakukan pengiriman atau transfer uang ke rekening bank lainnya
  • Berhak untuk mendapatkan promo, cashback dan berbagai penawaran dengan diskon besar serta menarik lainnya

Nah ternyata keuntungan memiliki akun Dana secara premium sangat banyak, lalu bagaimana cara melakukan upgrade aplikasi Dana dari reguler menjadi premium? Berikut langkah yang harus Anda lakukan. 

  1. Buka aplikasi dompet digital Dana kemudian di laman pertama aplikasi yaitu bagian dashboard aplikasi akan ada menu yang bertuliskan Saya di bagian bawah pojok sebelah kanan.
  2. Temukan opsi Verifikasi akun saya untuk kemudian melakukan klik pada opsi tersebu
  3. Klik tombol yang bertuliskan "Ya, Saya Siap
  4. Lakukan pengambilan foto eKTP lalu lakukan penyesuaian foto dengan bingkai yang sudah disediakan
  5. Lakukan foto selfie dengan pencahayaan yang bagus sehingga foto terlihat terang dan usahakan bagian wajah Anda bisa terlihat dengan jelas
  6. Masukkan data pribadi Anda seusai dengan yang ada di eKTP kemudian klik opsi untuk melakukan pengiriman
  7. Tunggu hingga proses untuk tahapan verifikasi akun Dana premium Anda berhasil dilakukan 
  8. Lakukan top up saldo Dana untuk bisa melakukan transaksi pembayaran dengan aplikasi Dana

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Dana

Aplikasi DANA memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut. Simak ulasannya di bawah ini. 

Kelebihan menggunakan aplikai DANA

  • Penggunaan aplikasi Dana sudah mendapatkan dukungan dua data pusat sehingga bisa menjamin setiap transaksi uang dilakukan bisa berlangsung tanpa adanya kendala apapun
  • Mempunyai tahapan pendaftaran akun Dana yang terbilang praktis dan berlangsung secara real time serta dalam hitungan menit
  • Sistem dalam aplikasi Dana sudah terintegrasi dengan sistem Dukcapil atau Kependudukan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri
  • Sudah memperoleh sejumlah 4 lisensi dari Bank Indonesia
  • Mempunyai konsep open platform yang mana bisa membuat pengguna terhubung secara langsung dengan transaksi digital yang dilakukan pada beragam merchant baik secara online maupun offline
  • Pengguna bisa melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan QR Code dengan mesin transaksi yang ada di semua gerai yang sudah bekerja sama dengan Dana. 
  • Setiap transaksi yang dilakukan dengan cepat dan praktis
  • Bisa melakukan transfer antar bank yang berbeda tanpa ada biaya admin, meski setiap bulannya hanya terbatas sekitar 10 transaksi 

Kekurangan menggunakan aplikasi Dana

  • Hanya melayani pembayaran transaksi yang dilakukan hanya pada merchant yang sudah bekerja sama dengan Dana
  • Memiliki resiko tinggi jika pengguna melakukan penggantian nomor HP karena satu akun hanya bisa digunakan pada satu smartphone saja
  • Hanya pengguna akun Dana premium yang berhak mendapatkan layanan biaya transfer secara gratis

FAQ

Apa saja keuntungan untuk menggunakan aplikasi Dana? 

  • Mendapatkan layanan transfer gratis baik ke sesama pengguna dana maupun ke rekening bank lainnya khusus untuk pengguna akun Dana premium
  • Terdapat banyak sekali fitur yang menarik dan bermanfaat untuk pengguna Dana baik reguler maupun premium
  • Bisa dipakai untuk membayar belanja online di beberapa marketplace ternama serta melakukan isi ulang dompet digital pada marketplace seperti ShopeePay 
  • Bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis pembayaran atau tagihan bulanan dengan mudah dan cepat 
  • Saldo pengguna akun Dana reguler adalah Rp.0,-
  • Bisa melakukan pengisian ulang saldo Dana minimal sejumlah 10 ribu rupiah
  • Mempunyai dukungan keamanan akun Dana yang kuat 

Apakah untuk menggunakan akun Dana terdapat biaya berlangganan? 

Untuk pengguna Dana baik reguler maupun Premium tidak dikenakan biaya administrasi bulanan sepeserpun. Dana memberikan layanan untuk 10 kali transfer secara gratis tanpa tambahan biaya setiap bulannya. 

Apakah saldo dalam akun Dana bisa hangus jika lama tak digunakan atau diaktifkan? 

Terkadang karena sesuatu hal, e-wallet Dana akan tidak aktif dalam waktu yang cukup lama maka saldo atau uang yang tersimpan di dalamnya tidak akan hangus atau hilang. Hanya saja kemungkinan Anda akan mendapatkan kesulitan untuk mengakses aplikasi Dana karena sistem keamanan aplikasi yang mengenali akun Anda sebagai akun baru yang tak pernah terlihat melakukan transaksi dengan menggunakan Dana. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengingat dengan baik kode password untuk log in ke akun Dana sehingga bisa mengakses layanan aplikasi dengan mudah sesuai kebutuhan. 

Apakah untuk menggunakan Dana termasuk aman? 

Mengingat ada banyak sekali kasus kejahatan cyber yang melibatkan banyak sekali akun dompet digital dan lainnya, Dana secara khusus mempersiapkan sebuah antisipasi untuk memberikan keamanan pengguna dari tindak kejahatan yang dilakukan para hacker yang bisa memberikan kerugian secara finansial. Berikut sistem keamanan yang digunakan:

Risk Engine atau Fraud Detection Engine dengan sistem kecerdasan buatan

Aplikasi Dana menggunakan risk engine atau Fraud Detection Engine dengan basis kecerdasan buatan untuk bisa melakukan analisis pada setiap transaksi serta memproses autentikasi melalui kode OTP atau kode PIN dengan tujuan validasi. Dengan teknologi ini diharapkan bisa meminimalisir adanya penyalahgunaan akun dan menjadikan transaksi yang dilakukan bisa terjaga dengan aman. 

Verifikasi wajah

Dana juga sudah melengkapi fitur keamanan mereka dengan fitur keamanan wajah untuk melakukan beragam transaksi di dalamnya. Dari mulai untuk melakukan log in sampai melakukan transaksi transfer dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui fitur verifikasi wajah. 

Teknologi yang dipakai adalah jenis teknologi biometrik dengan basis kecerdasan buatan yang diberi nama Dana Viz yang memiliki kemampuan untuk mengenali wajah pengguna aplikasi dengan melakukan pemindaian. Jika setelah dilakukan transaksi ternyata terjadi kesalahan atau gangguan transaksi yang dikarenakan sistem yang mengalami eror maka Dana memberikan jaminan uang kembali 100 persen. 

Perlindungan Dana/Uang

Adalah sebuah jaminan perlindungan 100 persen yang diberikan agar supaya pengguna merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi menggunakan Dana. Pengguna akan merasa aman karena uang yang tersimpan di dalam dompet digital Dana akan tetap aman bahkan jika terjadi gangguan atau kesalahan sistem yang menyebabkan saldo berkurang, maka Dana siap mengembalikan saldo yang berkurang tersebut. 

Dana dengan sertifikasi PCI-DSS

Bahwa semua infrastruktur transaksi digital pada aplikasi Dana secara menyeluruh ada di bawah pengawasan Bank Indonesia serta sudah bersertifikat PCI DSS atau The Payment Card Industry Data Security Standard. 

Adalah sebuah standar yang digunakan untuk memberikan jaminan perlindungan dan keamanan informasi pada sebuah organisasi yang mengelola bank penerbit kartu dan jaringan kartu kredit terkemuka di seluruh dunia. Diketahui sistem keamanan ini dikelola langsung oleh Payment Card Industry Security Standard Council dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kendali terkait data pengguna sehingga bisa meminimalisir terjadinya penipuan kartu kredit. 

Selain itu, saat ini aplikasi Dana sudah menjadi penyedia layanan Level 1 yang sudah melakukan proses, penyimpanan serta melakukan pengiriman sekitar lebih dari 6 juta data pengguna dan pemegang kartu Visa, Discover dan Mastercard setiap tahunnya.

Demikialah penjelasan lengkap tentang aplikasi DANA yang bisa kami bagikan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini, segala pertanyan anda tengang DANA terjawab sudah. Sehingga anda tidak lagi ragu untuk mulai menggunakannya. 

Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk " Aplikasi DANA: Pemilik, Kegunaan, Kelebihan, Keuntungan, Apakah Aman? "