Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu OVO? Pemilik, Fitur, Kegunaan dan Keuntungan Menggunakannya

Apa Itu OVO? Pemilik, Fitur, Kegunaan dan Keuntungan Menggunakannya

Siapa sih, yang nggak mengenal apa itu OVO? Semua orang tentu sudah sering sekali mendengar aplikasi dompet digital yang satu ini bukan. Nah, OVO sendiri dibuat oleh perusahaan dompet digital yang bergerak untuk membantu pembayaran atau transaksi baik itu barang atau jasa secara digital, tanpa manggunakan uang tunai. 

Mengenal Apa Itu OVO?

Perusahaan OVO didirikan pada tanggal 25 September 2017 sebagai perusahaan pembayaran digital yang banyak digunakan di Indonesia. OVO sendiri merupakan salah satu aplikasi digital finance yang terpadu dan sudah dikembangkan oleh LippoX yang kini sudah terintegrasi dengan beberapa perusahaan milik Lippo itu sendiri. Hingga kini, aplikasi OVO berkembang pesat.

Bahkan hanya dengan aplikasi seluler dan ponsel cerdas OVO, Anda dapat mengirim uang hanya dengan satu ketukan ke teman atau membeli apa yang dibutuhkan di toko terdekat. Kini, perusahaan OVO sudah memiliki puluhan ribu merchant yang bekerja sama untuk pembayaran langsung nontunai melalui ponsel pintar Anda tanpa harus repot.

Dompet digital inovatif yang membantu Anda membayar barang dan jasa secara digital, sangat mudah dan tidak perlu bingung untuk membeli produk, yang dapat dibeli secara online atau di tempat penjualan tradisional. OVO adalah layanan pembayaran yang berbasis di Indonesia dan memiliki kerja sama dengan beberapa produk dan toko yang sudah lama berkembang di sini.

OVO adalah dompet digital pertama di Indonesia yang menyediakan metode pembayaran yang mudah, aman, dan nyaman untuk pembelian online maupun offline. OVO dibangun di atas dasar keamanan, kenyamanan, dan kecepatan. Misalnya, Anda dapat menggunakan OVO untuk membeli secangkir kopi sambil mengantri untuk membayar di toko atau membayar listrik rumah.

Mengenal Lebih Jauh Siapa Pemilik OVO?

Anda pasti penasaran bukan, siapa sebenarnya pemilik OVO. Nah, semenjak tahun 2021 kemarin perusahaan ride hailing Singapura yaitu Grab mulai menaikkan nilai kepemilikan sahamnya di perusahaan OVO ini. Bahkan kini, Grab sendiri memegang 90 persen saham yang ada di OVO melalui PT Bumi Cakrawala Perkasa. 

Dari yang sebelumnya hanya 39 persen sudah bisa naik ke angka 90% merupakan pencapaian yang luar biasa bagi pemegang saham tertinggi di OVO saat ini. Dengan ini, langkah yang dimiliki Grab menjadi penentu dari nasib keberlanjutan OVO setelah mengakuisisi saham dari PT Tokopedia dan Lippo Group ini.

Stelah Grab berhasil menjadi pemilik saham tertinggi di OVO, aplikasi yang satu ini berhasil merangkul lebih banyak lagi pelaku usaha untuk turut serta masuk ke ekosistem digital bertaraf nasional.  Bahkan kini OVO terus meningkatkan upaya guna menghadirkan kesempatan yang besar bagi para pelaku UMKM agar bisa mengembangkan bisnisnya.

Fitur Dan Kegunaan OVO

Berhenti mengantri di kasir dan bayar tunai! Ini adalah cara baru untuk membayar, dengan dompet digital yang mudah dan aman. Siapkan ponsel cerdas Anda untuk memasuki era belanja nontunai dengan OVO. Anak dari perusahaan Lippo Group ini menyediakan sistem e-wallet melalui kemitraan unik dengan bank sentral. Berikut ini merupakan beberapa fitur OVO yang tersedia:

1. Kirim dan Terima Uang Tanpa Harus ke Bank

Fungsi utama yang ditawarkan oleh perusahaan OVO adalah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk mengirim dan menerima uang tanpa harus pergi ke bank dan repot untuk mengantri di ATM. Anda bisa menggunakan aplikasi OVO ini untuk mengirim dan menerima uang secara fleksibel karena kegunaan dompet digital yang mirip rekening tabungan.

2. Pembelian Pulsa, Tiket, Bayar Tagihan Semuanya Bisa dalam Satu Aplikasi 

Dengan OVO, Anda tentunya dapat melakukan semua pembelian hanya dengan satu aplikasi. Bayar tagihan, beli tiket film, dan pesan makanan di satu tempat. Tidak akan ada lagi hari-hari membawa banyak kartu dan uang tunai yang berbeda, OVO adalah solusi pembayaran sekalighus untuk semua kebutuhan Anda. Tentunya tidak perlu repot lagi mengantre menggunakan ATM.

4. Top-Up Pulsa atau Rekening Mudah dengan Integrasi Beberapa Bank di Indonesia

Apabila Anda ingin mengisi kembali rekening OVO Anda, maka Anda bisa mengisi kembali dengan mudah karena OVO juga sudah bekerjasama dengan beberapa bank yang ada di Indonesia dan sudah terintegrasi sehingga akan memudahkan Anda untuk top-up dan lebih fleksibel untuk dilakukan di mana saja sebagai sarana transaksi pembayaran nontunai dan lebih cepat lagi.

5. Ingin Berdonasi? Anda Bisa Melakukan Donasi Melalui OVO Donasi

Sekarang banyak sekali orang-orang yang membutuhkan bantuan kita dan uluran tangan kita agar memudahkan mereka segera diselesaikan masalahnya. OVO juga memiliki fitur donasi yang di mana bisa Anda gunakan untuk memberikan donasi secara nontunai yang langsung dibayarkan kepada beberapa mitra yang akan membantu menyalurkan dana donasi dari yang Anda berikan.

6. Investasi Jangka Panjang Lebih Mudah Menggunakan Fitur Aplikasi OVO Invest

Investasi melalui reksadana atau saham merupakan salah satu yang sedang diminati dan digemari oleh kalangan muda atau orang-orang yang ingin memiliki investasi jangka panjang di masa yang akan datang. Menggunakan aplikasi OVO juga bisa sebagai sarana investasi karena di dalamnya terdapat fitur OVO Invest yang bisa digunakan untuk menanam saham milik Anda dengan mudah.

7. Kelola Pengeluaran Anda Dengan Tepat degan Fitur Keuangan

Anda juga bisa menggunakan fitur untuk mengelola keuangan agar lebih teratur dan tidak mengalami boros yang sekiranya cukup signifikan dan cukup mengganggu pengeluaran dan mendapatkan penghasilan yang tidak stabil. Fitur OVO ini tentunya akan memudahkan Anda untuk mengatur jalannya regulasi keuangan Anda secara mandiri dan lebih mudah lagi tentunya.

Kelebihan Aplikasi OVO Sebagai Alat Pembayaran Nontunai 

Jika Anda sedang mencari tempat untuk menyimpan uang Anda, tidak perlu mencari yang lain selain OVO. Dengan investasi yang besar dan pertumbuhan yang stabil, Anda dapat yakin bahwa uang Anda ada di tangan yang aman. Ovo sudah memeberikan pelayanan yang cukup solutif dan fitur yang banyak, jadi Anda bisa mencoba menggunakan OVO untuk pembayaran.

OVO menawarkan layanan pembayaran digital serta layanan keuangan. Solusi inovatif dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Tersedia di Indonesia, OVO merupakan kemitraan antara layanan ojek online terkemuka di Indonesia, Grab, yang ingin melakukan pembayaran lebih mudah dari sebelumnya. Tentunya pembayaran di Grab akan lebih cepat.

Menggunakan OVO akan memudahkan Anda untuk membayar lebih cepat, lebih aman, dan dengan pengalaman yang layak Anda dapatkan. OVO selalu menawarkan cara terbaik untuk membayar adalah yang tidak merepotkan. Itulah sebabnya bermitra dengan Grab, layanan transportasi on-demand terkemuka di Asia, untuk mempermudah pembayaran semua transaksi.

Kekurangan Aplikasi OVO Sebagai Pembayaran Nontunai

Meski sudah banyak sekali kelebihan yang kami bahas mengenai kelebihan aplikasi OVO, tetapi sayangnya OVO belum bisa digunakan untuk membayar kebutuhan-kebutuhan seperti pembayaran PBB dan PDAM. Sehingga hal ini bisa terus dikembangkan untuk semakin mempermudah masyarakat menggunakan aplikasi digital yang satu ini.

Selain itu, OVO juga tidak dapat ditarik secara tunai dalam bentuk uang. Jadi ketika anda ingin  menariknya dalam bentuk uang, anda harus mengirim kembali uang yang ada di OVO ke rekening bank tertentu agar bisa diuangkan. Meski begitu, Anda tetap bisa membayar apapun dengan mudah menggunakan aplikasi OVO satu ini. 

Selanjutnya, kekurangan aplikasi OVO ini adalah Anda harus upgrade ke OVO Premier. Jika tidak dilakukan upgrade pada OVO Premier, maka fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan akan terbatas, salah satunya fitur transfer ke OVO lain atau bank. Namun, meski begitu, menjadikan akun dan rekening Anda menjadi OVO Premier akan memudahkan segala macam pembayaran di sini.

Keuntungan Menggunakan OVO

Berikut kami bagikan beberapa keuntungan ketika anda menggunkan OVO:

1. Poin Berlipat

Ketika menggunkan OVO anda akan menemukan 2 jenis pembayaran. Pertama OVO cash yang berupa uang digital yang anda isi dan bisa anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan transaksi semisal pembayaran di berbagai merchant, kedua ovo poin sebagai bentuk loyalty atau reward dari ovo atas transaksi anda selama menggunkan ovo. Point tersebut bisa anda kumpulkan dari belanja atau transaksi di merchant yang sudah bekerja sama dengan OVO. 

2. Banyak Promo memikat

OVO seringkali menwarkan berbagai macam promo yang menarik bagi penggunanya, anda bisa mengeceknya di halam deals. Bagi anda pengguna baru terdapat promo yang sangat menarik yaitu cashback sebesar 100% atas transaksi pertama anda.

3. Tersedia Merchant di banyak tempat

OVO memang mengerti akan keinginan para penggunanya, terbukti dengan begitu banyak merchant yang sudah bekerja sama dengan OVO. Dengan begitu anda tidak akan kesulitan menemukan merchant yang bisa menerima pembayaran dengan OVO.

4. Segala Pembayaran bisa dilakukan dengan cepat

Dengan hanya bermodal HP android dan aplikasi OVO anda sudah mampu untuk melakukan segala jenis pembayaran, tagihan dan pembelian. Semua itu bisa anda lakukan dengan sangat cepat. Jika anda memiliki OVO anda tidak lagi butuh dompet fisik cukup dnegan OVO saja sudah lebih dari cukup.

Kolaborasi OVO dengan Beberapa Dompet Digital

Hidup adalah tentang kemudahan. Inilah saatnya bagi Anda untuk dapat mengalami hidup dengan cara yang benar-benar lebih mudah. Kolaborasi OVO dengan Grab membuat hidup Anda semakin mudah dan nyaman. Dengan satu ketukan tombol, kini Anda dapat melakukan semua kegiatan transaksi dengan mudah dengan  toko-toko secara nasional.

OVO dan beberapa aplikasi dompet digital lain ingin memudahkan warga Indonesia untuk berbelanja online dan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mulai hari ini, Anda dapat menggunakan aplikasi OVO untuk membayar perjalanan atau memesan barang di toko. Anda tidak memerlukan kartu kredit atau rekening bank apa pun. Gratis dan mudah tanpa harus repot!

OVO sendiri juga melakukan kolaborasi dengan Grab untuk menjadi perusahaan dompet digital pertama di Indonesia yang memudahkan semua proses transaksi, baik itu ojek atau pembelian online! Dengan OVO, Anda dapat menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran lebih cepat dan lebih aman dari sebelumnya. Tinggal pergi saja dan membeli apapun tanpa ATM.

Dengan aplikasi OVO, kini lebih mudah untuk berkeliling Indonesia. Sekarang Anda dapat membayar perjalanan Grab atau mitra lain dengan ponsel Anda. Lebih aman karena Anda tidak perlu membawa uang tunai atau kartu selama perjalanan Anda untuk membayar lagi! Dengan OVO, Anda dapat pergi ke mana saja dan kapan saja tanpa harus merasa khawatir dan bingung.

Menjadi pelanggan OVO dengan dompet digital terbaik di Indonesia artinya tidak perlu lagi menunggu antrian panjang untuk melakukan pembayaran. Dengan OVO, Anda dapat membayar layanan apapun atau membeli barang apapun dengan kenyamanan ponsel Anda tanpa khawatir tentang data dan keamanan. Tinggal menggunakan barcode, semuanya sudah terbayar sendiri.

Sebenarnya, selain aplikasi dompet digital dari OVO, ada beberapa aplikasi dompet digital lain yang bisa anda gunakan selain aplikasi OVO untuk pembayaran dan transaksi nontunai. Ada aplikasi DANA yang bisa Anda gunakan untuk membayar segala macam keperluan dan pembayaran barang yang Anda inginkan.

Ada Go-Pay merupakan aplikasi dompet digital yang bekerjasama dengan aplikasi Go-Jek yang sudah banyak sekali digunakan untuk pembayaran penggunaan ojek atau pembelian makanan dan barang melalui aplikasi Go-Jek. Sangat mudah dan praktis tentunya. Juga ada aplikasi LinkAja yang merupakan  penyimpan uang dan transaksi keuangan secara nontunai.

OVO mengubah cara masyarakat Indonesia bertransaksi online. Dengan satu ketukan sederhana di ponsel Anda, Anda dapat checkout barang yang Anda inginkan hanya dalam sekejap. Jadi, baik Anda membayar ojek online atau berbelanja di toko favorit Anda, OVO memudahkan Anda membawa uang, tanpa takut ditipu atau khawatir membawa uang tunai.

Itulah penjelasan tentang OVO ang bisa kami bagikan untuk anda semua, terutama bagi anda yang belum menggunkan dompet digital satu ini, maka langsung saja download dan lakukan perdaftaran untuk segera merasakan kehebatan OVO.

Posting Komentar untuk " Apa Itu OVO? Pemilik, Fitur, Kegunaan dan Keuntungan Menggunakannya"