Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Daftar LinkAja Terbaru 2023: Upgrade Ke Full Service dan Sambungkan Ke Syariah

Cara Daftar LinkAja: Upgrade Ke Full Service dan Sambungkan Ke Syariah

Di zaman sekarang dengan teknologi yang semakin canggih, alat penyimpanan uang atau dompet bukan hanya berbentuk fisik melainkan terdapat juga dalam bentuk digital yaitu dikenal dengan E-wallet atau dompet digital.

Terdapat beberapa dompet digital yang kini semakin dikenal sebut saja semisal DANA, OVO, Gopay dan LinkAja. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi hal yang berkaitan dengan LinkAja yaitu bagaimana cara daftar LinkAja.

Sekilas Tentang LinkAja

Link Aja merupakan salah satu dompet digital yang bisa digunakan untuk membayar apa saja seperti untuk membeli paket internet atau tiket kereta api. Tetapi sebelum itu, pastikan Anda tahu bagaimana cara daftar Link Aja.

Pada awalnya Link Aja ini merupakan salah satu produk dari Telkomsel, akan tetapi sekarang berada di bawah naungan PT Fintek Karya Nusantara. Kendati demikian, proses mendaftarnya masih sama yaitu lewat aplikasi.

Cara Membuat Akun LinkAja Lengkap

Cara menggunakan Linkaja itu tidak sulit setelah login bisa langsung menggunakan layanan sesuai dengan fitur yang tersedia. Khusus untuk Anda yang belum memiliki akun bisa mendaftar dengan mengikuti langkah berikut ini:

1. Daftar Akun LinkAja 

Sebelum mendaftar pastikan anda memiliki nomor HP yang aktif yang nantinya dibutuhkan untuk pengiriman kode OTP. Selain itu dibutuhkan juga KTP untuk bisa menggunkan LinkAja secara full service.

1. Mengunduh Aplikasi LinkAja 

Langkah pertama adalah dengan mengunduh aplikasi LinkAja terlebih dahulu di App Store atau Google Play Store. Setelah proses instalasi selesai Anda bisa menambahkan nomor ponsel ke kolom yang tersedia. 

2. Buka Aplikasi LinkAja

Setelah berhasil terinstal maka langsung saja buka aplikasinya

3. Masukan Nomor HP

Pada halaman depan silahkan masukan nomor HP yang aktif

4. Lakukan Verifikasi Kode OTP 

Cara daftar Link Aja yang berikutnya adalah dengan melakukan verifikasi kode OTP. Kode OTP tersebut akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang Anda masukkan tadi. 

5. Menambahkan Data Diri 

Proses berikutnya adalah dengan menambahkan data diri. Biasanya data yang diminta adalah nama lengkap serta alamat email aktif. 

6. Buat PIN LinkAja 

Cara daftar aplikasi LinkAja yang terakhir adalah dengan membuat PIN. PIN berfungsi untuk keamanan akun Anda agar tidak diutak-atik orang lain apalagi jika saldonya banyak. PIN LinkAja biasanya berupa angka. 

2. Cara Upgrade akun LinkAja Ke Full Service

Setelah selesai membuat akun pada aplikasi LinkAja, Anda bisa langsung menghubungkannya dengan kartu Prakerja. Tetapi sebelum itu akun Anda harus tersambung dengan layanan Full Service kami dengan cara berikut:

  • Masuk ke menu akun lalu pilih tipe akun kemudian upgrade sekarang 

  • Masukkan foto e-KTP yang jelas 

  • Scan wajah Anda dan masukkan data diri 

  • Kemudian langsung klik kirim dan tunggu sampai layanan aktif 

3. Mendaftarkan Link Aja Prakerja 

Setelah layanan aktif baru Anda bisa menghubungkannya dengan kartu prakerja. Untuk cara daftar LinkAja prakerja yaitu sebagai berikut: 

  • Masuk ke laman dashboard Prakerja dan akan muncul informasi belum tersambung 

  • Masuk ke menu rekening Anda bisa memilih menu sambungkan rekening 

  • Pilih dompet digital atau rekening yaitu LinkAja kemudian sambungkan 

  • Lakukan verifikasi nomor telepon (pastikan bahwa layanan Full Service sudah aktif) 

  • Setelah itu Anda bisa lakukan verifikasi OTP dan Kode OTP (kode OTP ini sifatnya rahasia)

  • Tunggu sampai proses selesai 

Ternyata cara daftar Link Aja yang disambungkan dengan kartu Prakerja itu mudah. Untuk memastikan apakah sudah aktif atau belum bisa dilihat dari akun kartu Prakerja milik Anda. 

4. Cara Sambungkan ke LinkAja Syariah 

Link Aja Syariah merupakan uang elektronik syariah pertama di Indonesia yang sudah mendapatkan izin dari DSN MUI dan Bank Indonesia. Adapun cara daftar LinkAja Syariah sebagai berikut:

  • Update aplikasi di melalui App Store atau Google Play

  • Masuk ke aplikasi LinkAja 

  • Pilih menu akun di bagian kanan bawah 

  • Ubah status layanan menjadi LinkAja Syariah 

  • Pilih menu aktifkan 

  • Nanti akan muncul halaman syarat dan ketentuan layanan bisa langsung klik setuju 

  • Aktifkan layanan syariah menggunakan PIN, setelah itu Anda bisa menggunakan layanannya 

Pertanyaan yang muncul jika ingin mengaktifkan layanan Full Service apakah bisa tanpa KTP? Ternyata cara daftar LinkAja tanpa KTP itu masih belum bisa karena memang KTP adalah persyaratan utamanya. 

Fitur Aplikasi LinkAja

Setelah tahu bagaimana cara mendaftar LinkAja, berikutnya penting untuk mengenali apa saja fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi. Umumnya fitur-fitur ini digunakan sebagai alat pembayaran. 

1. Fitur Mengirim Uang 

Setelah login LinkAja Anda bisa menggunakannya untuk mengirim uang ke berbagai bank asal sudah mengaktifkan fitur Full Service. LinkAja ini sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia jadi bisa kirim uang dengan biaya admin. 

2. Melakukan Pembayaran Tagihan dan Transaksi Online

Keuntungan apabila tahu cara daftar Link Aja adalah bisa menikmati fitur yang satu ini. Kami menyediakan beragam fitur pembayaran tagihan untuk PDAM, TV Kabel, paket internet, BPJS Kesehatan, dan sebagainya. Selain itu Anda juga bisa membayar ke situs merchant apapun. 

FAQ 

Berikut beberapa pertanyaan yang sering di ajukan terkait LinkAja.

Apakah LinkAja Pakai KTP?

Jika Anda ingin menggunakan layanan Full Service maka bisa menggunakan E-KTP. Satu NIK hanya untuk 1 akun LinkAja saja. 

LinkAja Sama dengan Bank Apa?

LinkAja adalah salah satu produk teknologi dalam bidang finansial yang termasuk ke dalam Himpunan Bank Milik Negara atau HIMBARA. 

Isi Saldo LinkAja Maksimal Berapa?

Apabila menggunakan layanan Full Service maka batas maksimal jumlah saldonya adalah 20 juta. Sedangkan untuk batas limit melakukan transfer adalah 2 juta rupiah. 

Penutup

Cara daftar Link Aja bisa langsung diterapkan dan tidak membutuhkan banyak persyaratan. Selain itu Anda juga bisa menghubungkan akun LinkAja dengan kartu Prakerja melalui aplikasi Prakerja. Jadi tunggu apalagi, langsung saja anda coba gunakan aplikasi dompet digital linkAja ini untuk menikmati berbagai fitur yang tentunya akan memudahkan anda dalam bertransaksi.

Posting Komentar untuk "4 Cara Daftar LinkAja Terbaru 2023: Upgrade Ke Full Service dan Sambungkan Ke Syariah "