Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Ini Wajib Terinstal Di HP Android Kamu

Aplikasi wajib di hp android yang harus kamu instal

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang menuntut manusia untuk mengimbanginya supaya bisa mendapatkan berbagai keuntungan. 

Salah satunya dengan hadirnya smartphone Android, segala hal bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Begitu banyak aplikasi android yang bisa instal di playstore dan tentu saja bisa  mempermudah segala urusan kamu. Asalkan kamu memilih aplikasi yang tepat untuk kamu instal.

Bagi pengguna OS Android, terdapat beberapa aplikasi wajib di Android dengan desain sederhana namun memiliki fungsi dan fitur terbilang cukup kaya.

Beberapa Aplikasi Wajib di Android

Terdapat beberapa aplikasi Android yang perlu Kamu miliki karena nilai fungsinya sangat tinggi. Cara mendownloadnya sendiri terbilang mudah sebab sebagian besar bisa diakses secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Google Translate

Bagi yang memiliki idola dari luar negeri, penting untuk menginstal aplikasi ini terutama jika kemampuan berbahasa asing masih terbatas. 

Cara kerjanya sendiri yaitu Kamu tinggal menyalin kata sesuai keinginan, kemudian langsung salin ke halaman Google translate secara otomatis.

Menariknya lagi, saat melakukan penelusuran di Google dan ternyata website tujuan berbahasa Inggris, biasanya pada tampilan awalnya terdapat tulisan berupa terjemahkan halaman ini. 

Apabila menginginkannya, klik pada bagian tersebut kemudian sebuah page terbuka dengan Bahasa Indonesia.

2. SHAREit

Meski sudah cukup lama dirilis, namun aplikasi transfer file satu ini masih diminati banyak penggunanya karena membuat kinerja lebih efektif. 

Kecepatan transfernya begitu tinggi meski data baik berupa dokumen, gambar, audio, atau video tetap bisa terkirim dengan mudah.

Seiring dengan banyaknya pengguna, SHAREit menambahkan beberapa fitur pendukung termasuk berbagai tampilan video menarik dengan berbagai genre. 

 Di samping itu format dokumen yang bisa ditransfer menggunakan software ini bervariasi seperti Excel, PDF, atau world.

3. Google Find My Device

Keberadaan aplikasi Google Find My Device penting yang berfungsi untuk menemukan perangkat. Belakangan ini sering terjadi kasus pencurian atau lupa menaruh ponsel ketika keluar rumah. 

Dengan menggunakan software tersebut, Kamu bisa menemukannya dengan mudah dan cepat.

Fungsi lain dari aplikasi besutan Google satu ini adalah dapat menghapus data di dalam perangkat, mereset PIN, dan membunyikan rington secara otomatis melalui sambungan internet. 

Teknik melacaknya tidak terlalu sulit dan bisa Kamu lakukan pelajari sendiri secara otodidak.

4. Aplikasi Chatting

Memang, berkirim pesan merupakan hal wajib yang dilakukan semua orang setiap harinya. Oleh karena itu, setidaknya miliki 1 aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, Facebook, atau semacamnya. Dengan begitu, komunikasi pun akan terasa semakin mudah dan dekat.

Salah satu kegunaan dari aplikasi chatting ini adalah untuk mempermudah menjalankan beberapa bisnis online. Sebab terkadang membutuhkan komunikasi dalam jarak jauh. 

Di sisi lain, Kamu juga harus memiliki kuota internet yang tidak sedikit untuk menjalankan beberapa aplikasi itu.

5. Clean Master

Ponsel yang sering digunakan bisa meningkatkan kemungkinan untuk terinfeksi virus atau memorinya terlalu penuh. 

Salah satu solusinya yaitu dengan menginstal booster di HP Kamu, saat ini jenisnya sangat banyak. software yang direkomendasikan yaitu Clean Master.

Fitur-fitur di dalamnya cukup kaya misalnya menghilangkan virus, mengoptimalkan kinerja ponsel, dan menurunkan suhu CPU. 

Bagian mesin yang terlalu panas bisa mengakibatkan tingkat respon dari perangkat semakin melemah dan jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah lebih berat.

6. Aplikasi Belanja Online

Belanja online di zaman sekarang ini sudah menjadi tren, kamu jangan sampai ketinggalan. Maka dari itu aplikasi belanja online wajib banget kamu instal semisal shopee, tokopedia, lazada dan lainnya.

Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut kamu nggak perlu ribet lagi pergi ke toko  untuk membeli apa yang kamu mau. Segala kebutuhan kamu sudah tersedia di aplikasi marketplace tersebut.

7. Aplikasi Dompet Digital

Aplikasi selanjutnya yang wajib kamu instal adalah dompet digital atau bahasa kerennya E-wallet. Semisal Dana, Gopay, Ovo dan lainnya.

Aplikasi dompet digital akan sangat memudahkan kamu untuk melakukan berbagai transaksi seperti membayar tagihan listrik, membayar tagihan indihome dan membayar tagihan lainnya

Bahkan dengan dompet digital DANA kamu bisa belanja dan melakukan tarik tunai di alfamart. Jadi cukup bawa HP android saja ke Alfamart nggak perlu bawa uang cash lagi.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi wajib di Android yang perlu Kamu miliki. Disarankan untuk menginstal software anti virus untuk tujuan menghindari perangkat terinfeksi virus berbahaya. 

Sebab dewasa ini sering terjadi pencurian data pribadi atau meretas akun pemilik baik WA, Gmail, atau IG.

Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Ini Wajib Terinstal Di HP Android Kamu"