Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 3 Cara Melihat Alamat Email Sendiri di HP Android

√ 3 Cara Melihat Alamat Email Sendiri di HP Android

Email atau (Electronic Mail) merupakan sebuah surat elektronik yang penggunaanya sangatlah penting di era digital ini. Sebab, email tidak hanya digunakan untuk mengirim surat saja, namun juga untuk membuat akun sosial media, drive, dan game. 

Tetapi kadang kalanya, kita lupa dengan alamat email kita sendiri dan harus melihatnya kembali. Sehingga, kita mungkin perlu mengetahui cara melihat email sendiri di HP Android.

3 Cara Melihat Email Sendiri di HP Android

Email merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita saat ini. Bahkan email sudah menjadi fitur bawaan pada HP Android yang mana sering kita gunakan setiap harinnya. 

Meskipun merupakan fitur yang sudah ada di Android, masih ada beberapa orang yang belum paham bagaimana cara melihat email sendiri di HP Android. Untuk itu, bagi kamu yang juga belum mengetahuinya, maka kamu perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Melalui Aplikasi Gmail

Di HP Android, email yang menjadi bawaan resminya adalah Google Mail atau yang biasa disebut dengan Gmail. Karena merupakan fitur bawaan dari Android, biasanya aplikasinya pun juga sudah tersedia di HP Android. 

Sehingga, kamu tidak perlu mendownloadnya di Play Store terlebih dahulu. Adapun inilah langkah-langkah cara melihat email sendiri di HP Android melalui aplikasi Gmail:

● Pertama, bukalah aplikasi Gmail di HP Android Anda. Apabila tidak ada di menu, biasanya aplikasi ini tersembunyi didalam ikon grup menu yang berisi aplikasi-aplikasi bawaan Google, seperti Google maps, Google drive, dan lain-lain.

● Setelah masuk ke dalam aplikasinya, Kamu dapat melihat ikon profil yang ada di pojok kanan atas. Ikon tersebut bisa berupa foto, namun apabila Kamu belum pernah mengganti fotonya maka biasanya gambarnya berupa huruf inisial nama akun Kamu.

● Apabila Kamu sudah menemukannya, maka tinggal klik pada ikon tersebut maka Kamu langsung dapat melihat alamat email Kamu.

cara melihat alamat email sendiri di hp android melalui playstore


2. Melalui Pengaturan di HP Android

Cara melihat email sendiri di HP Android berikutnya adalah melalui pengaturan HP. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat alamat email pada pengaturan, yaitu melalui menu pengaturan Google dan Accounts. Berikut adalah rincian langkah-langkahnya :

● Kamu dapat membuka pengaturan yang ada di HP Android milik Kamu. Biasanya menu ini memiliki gambar ikon seperti gerigi.

● Setelah membuka bagian pengaturan, maka langkah selanjutnya silahkan cari menu dengan nama “Google”. Apabila Kamu klik menu tersebut, maka alamat Email Kamu akan langsung ditampilkan.

● Adapun untuk cara yang kedua, Kamu bisa melihat alamat email pada menu Accounts. Caranya hampir sama dengan sebelumnya, Kamu dapat mencari menu Accounts terlebih dahulu. 

Jika sudah menemukan maka langsung klik pada menu tersebut dan temukan pilihan Google didalamnya.

cara melihat alamat email sendiri di hp android melalui menu pengaturan


3. Melalui Aplikasi Play Store

Selanjutnya untuk melihat email sendiri di HP Android juga bisa dilakukan lewat aplikasi Play Store. Caranya sendiri cukup mudah, Kamu hanya perlu membuka aplikasinya saja. 

Apabila sudah terbuka, maka klik ikon profil yang ada di kanan atas, lalu alamat email Kamu akan terlihat.

cara melihat alamat email sendiri di hp android melaui aplikasi gmail


Itulah tadi ketiga cara melihat email sendiri di HP Android yang mudah dilakukan. Beberapa cara tersebut mungkin tidak semuanya akan bisa diterapkan, sehingga Kamu mungkin perlu sedikit memodifikasinya. Sebab, tidak semua HP Android memiliki tipe yang sama. 

Sekali lagi Penulis tekankan Email beserta password sangatlah penting maka jangan sampai kamu lupa lagi. Terutama pasword, biasanya kebanyakan orang sering lupa pasword email. Jika kamu sedang mengalaminya kamu bisa baca cara melihat pasword gmail sendiri.

Sekian informasi ini, semoga bermafaat dan selamat mencoba. 

Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "√ 3 Cara Melihat Alamat Email Sendiri di HP Android"