Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal BRIMO : Fitur, Keunggulan Dan Kekurangan

Mengenal brimo

Saat ini berbagai macam hal mulai beralih ke pangsa digital termasuk dalam hal keuangan. Kini banyak bermunculan aplikasi keuangan yang berbasis digital seperti bank digital dan dompet digital.

Hal ini tentunya merupakan hal positif yang bisa lebih memudahkan kita untuk melakukan transaksi ataupun malaukan pembayaran secara online. 

Salah satu bank digital yang kini tengah naik daun dengan gencarnya iklan di berbagai media adalah BRIMO. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal aplikasi BRIMO ini, maka dari itu baca terus artikel kami kali ini sampai selesai.

Apa itu BRIMo ?

BRIMo adalah gabungan dari layanan mobile banking, internet banking, dan uang elektronik yang dapat diakses melalui satu aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone nasabah. Ini merupakan aplikasi internet dan mobile banking BRI terbaru yang berbasis data internet yang memberikan kemudahan bagi pelanggan maupun non-pelanggan BRI untuk melakukan transaksi dengan User Interface dan User Experience terbaru dan fitur-fitur menarik lainnya. 

Dengan pilihan Source of Fund/sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan rekening Giro/Tabungan. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari versi lama yaitu BRI Mobile dan memiliki banyak fitur yang lebih canggih dan tampilan yang lebih modern yang dijamin akan disukai oleh masyarakat.

Para nasabah Bank BRI pasti merasa sangat senang dengan hadirnya aplikasi BRI Mobile. Pasalnya, aplikasi ini memiliki beragam fitur yang semakin memudahkan penggunanya. Kini, nasabah baru maupun yang sudah ada yang belum terdaftar di internet banking BRI dapat melakukan pendaftaran internet banking dengan fasilitas keuangan melalui aplikasi BRImo.

Perbedaan Brimo Dan BRI Mobile

BRIMo adalah aplikasi mobile banking yang dapat diakses melalui telepon seluler, sementara internet banking dapat diakses melalui situs web resmi BRI yang dapat diakses melalui komputer atau laptop, atau telepon seluler. 

Kelebihan BRIMo adalah dapat lebih personal karena hanya dapat diakses melalui telepon seluler nasabah. Namun, internet banking tidak se-personal BRIMo. Namun, jika telepon seluler yang digunakan untuk BRIMo hilang atau rusak, Anda tidak dapat mengakses BRIMo dari tempat lain. Sedangkan, internet banking dapat diakses dari berbagai tempat.

Jika dibandingkan dengan BRI Mobile, BRImo jelas lebih unggul, terutama dalam fitur login yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan sidik jari. Jika dilihat secara seksama, BRImo benar-benar memiliki fitur yang lebih lengkap, mulai dari transfer uang, top up e-wallet, hingga pembayaran tagihan. 

Keunggulan utama dari BRImo adalah setiap pengguna dapat melakukan penarikan tunai tanpa harus menggunakan kartu ATM.

Fitur Fitur Brimo

Hadirnya Brimo memang memanjakan para nasabahnya, sederet fitur di hadirkan yang tentunya sangat berguna bagi Anda. Berikut beberapa fitur Brimo:

1. Cek Mutasi 

BRImo memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan cek mutasi rekening mereka, termasuk transaksi dari 1 tahun terakhir. Ini sangat luar biasa, karena kebanyakan aplikasi perbankkan lainnya hanya memberikan akses ke 3 bulan terakhir saja. 

Hal ini berarti, pengguna dapat dengan mudah melakukan cek transaksi yang mencurigakan dan memverifikasi aktivitas rekening tanpa harus pergi ke ATM. 

Pengguna dapat dengan mudah melakukan cek aktivitas rekening tanpa perlu ke ATM lagi jika hanya ingin mengecek apakah transfer BRI sudah masuk rekening atau belum.

2. Fitur QR kode 

Salah satu fitur kekinian yang akan sangat membantu Anda dalam hal pembayaran di berbagai merchant. Fitur ini mirip seperti yang ada di kebanyakan dompet digital semisal DANA, Gopay OVO. Jadi cukup scan QR kode untuk melakukan pembayaran.

3. Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh Brimo adalah fitur tarik tunai. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tarik tunai tanpa harus menggunakan kartu ATM. Cukup dengan memasukkan kode yang didapatkan melalui aplikasi.

Pengguna dapat melakukan tarik tunai dengan mudah dan cepat. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pengguna yang ingin mengambil uang tunai tanpa harus ke bank atau ATM.

4. Fitur Pembayaran Tagihan

Dengan hanya menggunakan Brimo anda sudah bisa melakukan pembayaran berbagai macam tagihan, semisal tagihan listrik, asuransi, tagihan PDAM, BPJS, Telkom, Pembelian Pulsa, dan masih banyak lainnya.

Hal ini tentu saja membuat hidup anda lebih mudah, sekarang Anda tidak harus pergi ke loket pembayaran untuk membayar tagihan tagihan tersebut.

5. Fitur Top Up dompet digital

Selain mampu melakukan pembayaran tagihan, Anda juga bisa memanfaatkan Brimo untuk melakukan pengisian saldo dompet digital. Sudah bukan hal asing jaman sekarang dompet digital mulai dikenal dan di gunakan oleh masyarakat luas.

6. Cek Lokasi ATM Dan Kantor BRI Terdekat

Fitur sederhana yang padahal sangat berguna ketika anda berada di suatu daerah yang asing bagi anda. Cukup menggunakan Brimo anda bisa mengetahui ATM terdekat dari lokasi Anda berada.

7. Fitur Transfer

Fitur selanjutnya yang ditawarkan oleh Brimo adalah fitur transfer. Fitur ini mirip dengan BRI Mobile, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer ke sesama bank maupun ke bank lain. Proses transfer juga tidak jauh berbeda. 

Sehingga pengguna dapat melakukannya dengan mudah dan cepat. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi pergi ke mesin ATM untuk melakukan transfer. Sehingga, Anda dapat melakukan transfer dengan lebih nyaman dan efisien.

Keunggulan Aplikasi Brimo

Selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja keunggulan aplikasi Brimo di banding aplikasi sejenis lainnya. Berikut beberpa keunggulan yang sudah kami rangkum:

1. Redesign UI/UX

Perubahan design yang dilakukan oleh Brimo bertujuan untuk memberikan tampilan yang lebih segar dan pengalaman baru bagi pengguna. Design terbaru ini dioptimalkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan dan memudahkan pengguna dalam mengelola bisnis online mereka. Dengan design yang baru dan user-friendly, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat mereka lebih nyaman dalam menggunakan platform ini.

2. Memiliki Fitur Fast Menu

BRIMo memperkenalkan fitur fast menu untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi sehari-hari. Fitur ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dengan cepat dan mudah tanpa harus bingung mencari fitur yang akan digunakan. 

Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas nasabah dalam mengelola bisnis online mereka. Selain itu, BRIMo juga menyediakan fitur quick balance yang memungkinkan nasabah untuk mengecek saldo dengan cepat. 

Fitur ini ditujukan untuk nasabah yang sudah nyaman dengan SMS banking, agar dapat beralih ke aplikasi yang lebih mudah dan efisien. Fitur ini akan memudahkan nasabah dalam melakukan pengelolaan keuangan dan mengontrol pemasukan dan pengeluaran secara real-time.

3. Personal Financial Management (PFM)

Fitur Personal Financial Management (PFM) adalah fitur yang dirancang untuk membantu nasabah dalam mengelola keuangan dengan lebih baik. Fitur ini akan digunakan untuk memberikan informasi mengenai jumlah pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan saat bertransaksi menggunakan channel BRI.

PFM akan memungkinkan nasabah untuk melakukan monitoring terhadap pemasukan dan pengeluaran dengan lebih detail. Fitur ini akan menyediakan laporan yang jelas dan akurat mengenai transaksi yang dilakukan, sehingga nasabah dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan. 

Fitur ini akan memudahkan nasabah dalam mengontrol pengeluaran dan pemasukan, serta membuat rencana keuangan yang lebih baik.

4. Buka Rekening (Digital Saving)

Saat ini, calon nasabah BRI dapat membuka rekening dengan mudah melalui aplikasi BRI Mobile, BRImo. Proses pembukaan rekening dilakukan dengan meng-upload data diri dan mengirimkan video sebagai bentuk Know Your Customer (KYC). 

Hal ini dilakukan untuk memverifikasi identitas calon nasabah dan memenuhi persyaratan regulasi yang berlaku.

Dengan membuka rekening melalui BRImo, nasabah akan otomatis teregistrasi sebagai pengguna BRImo dengan akses ke fasilitas finansial yang tersedia. Hal ini akan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi finansial, seperti transfer, tarik tunai dan lainnya dengan lebih cepat dan mudah.

5. Kelengkapan Fitur

Seperti yang sudah kami bahas di atas, berbagai fitur bisa anda nikmati dan manfaatkan untuk memudahkan Anda dalam hal melakukan transaksi apapun dalam kehidupan sehari hari.

6. Fitur keamanan cukup lengkap

BRImo menyediakan fitur keamanan yang canggih untuk melindungi privasi dan keamanan nasabah. Salah satunya adalah dengan mendukung pengenalan sidik jari sebagai sandi masuk ke dalam aplikasi. 

Fitur ini memungkinkan nasabah untuk masuk ke aplikasi dengan cepat dan aman, tanpa harus mengingat dan memasukkan kata sandi yang rumit.

Selain itu, setiap kali nasabah ingin melakukan transaksi, sistem akan selalu meminta konfirmasi menggunakan sandi yang telah dibuat. 

Fitur ini akan memastikan bahwa hanya nasabah yang memiliki akses ke akun yang dapat melakukan transaksi. Ini akan meningkatkan keamanan dan privasi nasabah dan melindungi dari akses yang tidak sah.

Kekurangan Aplikasi Brimo

Dimana ada keunggulan disitu pasti ada kekurangan, tenang saja! disini kami pun akan membahas beberapa kekurangan yang selama ini sudah di raskan pengguna. 

1. Kendala Verifikasi OTP

Salah satu kendala yang mungkin dihadapi oleh nasabah saat menggunakan aplikasi BRImo adalah proses verifikasi menggunakan One Time Password (OTP). Pada beberapa kasus, OTP mungkin tidak segera diterima oleh nasabah, sehingga menghambat proses pendaftaran. 

Hal ini dapat menyebabkan kejenuhan dan kesulitan bagi nasabah dalam menyelesaikan proses pendaftaran.

Untuk mengatasi masalah ini, BRI mungkin akan menambahkan opsi verifikasi lain selain OTP, seperti verifikasi melalui email atau nomor telepon. Atau mungkin dapat menyediakan opsi resend OTP untuk mempermudah nasabah dalam menerima OTP. 

Selain itu, BRI dapat mengevaluasi sistem pengiriman OTP dan melakukan perbaikan jika diperlukan agar proses verifikasi menjadi lebih lancar dan efisien bagi nasabah.

2. Sering Terjadi Eror

Aplikasi BRImo mungkin mengalami masalah error dari waktu ke waktu. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti peningkatan jumlah pengguna yang aktif pada tanggal-tanggal tertentu seperti saat habis gajian. 

Peningkatan jumlah transaksi yang dilakukan dalam waktu yang sama dapat menyebabkan sistem menjadi terbebani dan mengakibatkan error.

Untuk mengatasi masalah ini, BRI mungkin melakukan pemeliharaan rutin pada aplikasi dan server untuk memastikan bahwa sistem dapat berfungsi dengan baik dan stabil. 

Namun, pemeliharaan ini dapat menyebabkan aplikasi sementara tidak dapat diakses. BRI mungkin juga akan memperbaiki sistem dan infrastruktur untuk mengatasi masalah ini.

3. Kendala saat Transfer

Beberapa nasabah mungkin mengeluhkan kendala saat melakukan transfer melalui aplikasi BRImo. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti aplikasi yang error atau koneksi yang tidak stabil. 

Ini dapat menyebabkan masalah dalam proses transfer, sehingga nasabah tidak dapat melakukan transaksi dengan lancar.

4. Susah Verifikasi wajah

Banyak pengguna yang mengeluhkan kesulitan dalam proses pendaftaran rekening online menggunakan aplikasi BRimo, khususnya saat proses verifikasi wajah. Keluhan yang sering diterima adalah gagalnya perekaman video saat proses verifikasi wajah, yang menyebabkan kesulitan dalam melakukan pendaftaran rekening online.

5. Struk Lambat Tampil

Salah satu kendala yang sering terjadi adalah lambatnya struk ditampilkan beberapa pengguna melaporkan ketika ingin melihat kembali struk transaksi, mereka harus menunggu beberapa waktu karena struk transaksi digital tidak masuk ke menu aktivitas secara real-time.

Kesimpulan Dan Penutup

Tidak bisa di pungkiri era digitalisasi mulai merambah kedalam berbagai aspek kehidupan termasuk keuangan. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti arus tersebut dan memanfaatkannya untuk lebih memudahkan aktifitas kita. 

Termasuk hadirnya berbagai bank digital yang kini kian marak. Yang pasti Anda harus tetap memastikan bahwa aplikasi tersebut aman untuk Anda gunakan.

Demikianlah pembahasan tentang Brimo yang bisa kami bagikan. Semoga dengan adanya artikel ini anda lebih mengenal aplikasi bank digital satu ini dan mulai tertarik untuk mencobanya.
Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Mengenal BRIMO : Fitur, Keunggulan Dan Kekurangan"