Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 9 Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah 2023

√ 9 Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah

Telegram merupakan salah satu aplikasi Chatting yang kini kian digemari. Fitur utama aplikasi ini nggak berbeda jauh dengan aplikasi sejenis semisal WA yaitu bisa untuk mengirim pesan atau telpon.

Namun jangan salah, terdapat beberapa fitur yang akan kamu temukan di aplikasi sejenis lainnnya.

Salah satu fitur tersebut adalah kamu bisa membuat channel layaknya channel youtube, perbedaanya di channel telegram bukan hanya video yang bisa kamu bagikan.

Melainkan Pesan, Gambar atau file dengan format apapun bisa kamu bagikan. Selain itu channel telegram terasa lebih sederhana dengan UI yang simple dan user friendly.

Cara Membuat Channel Telegram

Untuk membuat channel telegram pun terbilang cukup mudah, kamu yang awam pun pasti bisa dan nggak butuh waktu lama 5 menit beres. Tidak percaya? Coba Ikuti langkah langkah berikut ini.

  1. Pertama buka aplikasi telegram.
  2. Setelah terbuka kemudian klik pada logo pensil tepat di kiri bawah.
  3. kemudian kamu akan melihat beberapa opsi, pilih channel baru.Cara membuat channel telegram
  4. lanjutkan pilih menu buat ChannelCara membuat channel telegram
  5. Setelah terbuka isi nama Channel, Foto, dan deskripsi sesuai channel yang kamu buat.Cara membuat channel telegram
  6. Selanjutnya kamu akan melihat opsi tipe channel yaitu publik dan private. Pilih sesuai keinginanmu. Jika publik nantinya orang dengan sendirinya bisa gabung channel kamu, jika private orang gabung channel kamu harus melalui undangan.Cara membuat channel telegram
  7. Isi juga tautan atau link Channel kamu, tips dari Penulis buatlah sama dengan nama channel atau apapun yang berkaitan dengan nama channel kamu yang simpel dan unik. Pastikan sampai tersedia karena terkadang nama yang kamu masukan nggak tersedia karena ada orang lain yang duluan menggunakan.
  8. Jika tadi kamu memilih publik, maka kamu akan di suruh untuk menambahkan anggota yang sudah ada di kontak kamu.Cara membuat channel telegram
  9. Langkah terakhir klik tanda panah dan channel telegram kamu sudah jadi.

Sekarang kamu sudah berhasil membuat channel telegram sendiri, langkah selanjutnya supaya lebih banyak anggota yang bergabung kamu bisa membagikan link yang sudah di buat tadi.

Manfaat Channel Telegram

Jika kamu bertanya buat apa sih channel telegram ini ? Channel telegram ini bisa banget kamu manfaatkan untuk berbagai hal seperti:

1. Jualan produk digital

Sering Penulis temui, channel khusus penjual produk digital semisal Template blog, yang jika ada update terbaru si penjual membuat pemberitahuan di channel telegramnya.

2. Sekolah daring 

Buat kamu seorang guru, bisa juga tuh manfaatin buat ngajar murid murid. Kamu bisa mengirim materi belajar di channel telegram

3. Membuat channel berita update

Jika kamu seorang yang berjiwa jurnalis, bisa banget kamu buat channel berita yang terus kamu update.

4. Akun sosmed website/Blog

Sebagai sarana promosi website/Blog pun bisa banget. Kamu bisa memberitahu pembaca setia Blog kamu jika ada artikel terbaru lewat channel telegram.

5. Akun sosmed Selebgram/Influencer

Jika kamu orang berpengaruh dalam satu bidang, kamu bisa manfaatin channel telegram buat tetap share info terbaru dari bidang yang kamu kuasai.

Hal ini sering kali Penulis temui di dunia Crypto, banyak sekali Influencer crypto yang membagikan info terbaru entah itu even ataupun give away di channel telegramnya.

Fitur Channel Telegram 

Fitur pada channel telegram terbilang sangat lengkap seperti sudah Penulis ulas di atas kamu bisa mengirim berbagai macam jenis file, kamu bisa melakukan siaran langsung berupa suara.

Yang paling menarik adalah adanya fitur bot, dengan bot ini kamu bisa membuat hal menarik seperi ucapan selamat datang bagi pengikut baru secara otomatis.

Berapa maksimal jumlah anggota?

Terkait hal ini tidak ada info resmi dari pihak telegram sendiri, mereka hanya menulis ribuan orang.

Penulis sendiri pun pernah menjumpai channel telegram dengan jumlah pengikut mencapai puluhan bahkan ratusan ribu.

Terakhir jika kamu ingin melakukan perubahan pengaturan channel telegram kamu, dari yang sudah di setting pas pertama bikin.

Caranya cukup mudah, buka pada channel kamu dan klik ikon pencil di pojok kiri atas. Nantinya kamu akan melihat seperti gambar di bawah ini: 

Kemudian lakukan perubahan yang kamu inginkan.

Nah, itulah cara membuat telegram yang bisa Penulis bagikan. Intinya Channel Telegram ini sangat bagus digunakan untuk media promosi.

Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa membuat channel telegram sendiri dan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis kamu. Sekian semoga bermanfaat.

Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "√ 9 Cara Membuat Channel Telegram Dengan Mudah 2023"