Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Aplikasi Dana, Pemula Wajib Tahu!!!

Cara Menggunakan Aplikasi Dana, Pemula Wajib Tahu!!!

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan aplikasi DANA, simak dahulu panduan yang akan kami bagikan di bawah ini. Bagi pemula mungkin saja akan terdengar asing, namun bagi pengguna yang sudah cukup lama memakai DANA pasti tidaklah sulit. 

DANA adalah salah satu platform dompet digital yang berguna untuk pembayaran non tunai. Anda tidak perlu membawa banyak uang tunai untuk melakukan pembayaran barang. Apalagi sudah banyak toko online atau offline yang memiliki metode pembayaran satu ini untuk pelanggannya. 

Anda bisa melakukan pembayaran hanya dengan smartphone saja, asalkan sudah instal DANA dan juga registrasi akun. Cara registrasi akun baru untuk pemula juga mudah sekali sehingga Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia. Ada banyak fitur DANA yang disediakan, khususnya adalah untuk pembayaran non tunai di sejumlah merchant atau toko online dan lainnya. Nah, di bawah ini adalah penjelasan mengenai cara memakai aplikasi DANA dengan mudah dan aman. 

Panduan Menggunakan Aplikasi DANA 

Berikut panduan atau cara menggunakan aplikasi DANA bagi pemula :

1. Instal Dan Mendaftar DANA

Cara instal aplikasi DANA dan membuat akun tidaklah sulit. Meskipun anda pemula, dijamin pasti langsung berhasil. Berikut langkah langkahnya:

Download Aplikasi DANA 

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memakai DANA adalah pastikan Anda harus download aplikasinya terlebih dahulu. Anda tidak perlu cemas karena aplikasinya tersedia di Play Store atau App Store. Anda tinggal mengetik nama aplikasinya dan akan muncul sesuai dengan pencarian. 

Logo DANA berwarna biru dengan tulisan DANA sehingga Anda tidak salah memilih aplikasinya. Aplikasi ini termasuk golongan e-wallet dan ada banyak jenis aplikasi seperti ini yang umum digunakan oleh masyarakat, khususnya pengguna smartphone. 

Instal Aplikasi DANA 

Setelah Anda download aplikasinya maka harus menunggu beberapa saat untuk proses instal aplikasi. Aplikasinya akan otomatis terpasang di smartphone Anda dan bisa dibuka untuk melanjutkan ke proses berikutnya. 

Pengguna smartphone berbasis Android atau iOS bisa menggunakan aplikasi e-wallet satu ini sehingga tidak perlu cemas. Jika ada update aplikasi terbaru Anda harus segera update untuk mendapatkan fitur terbaru. 

Daftar Akun atau Pembuatan Akun 

Langkah berikutnya adalah bagi pengguna baru wajib daftar akun atau pembuatan akun DANA. Cara daftar DANA atau melakukan registrasi akun DANA adalah dengan cara memasukkan nomor hp yang aktif di kolom yang sudah tersedia. Anda akan diminta memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor hp. 

Jangan sebarkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor Anda karena sifatnya rahasia. Jangan sampai data diri Anda disalahgunakan oleh orang lain dengan cara mengirimkan dan meminta nomor OTP ke nomor Anda. Anda juga akan diminta melengkap formulir pendaftaran, seperti nama dan data diri lainnya secara lengkap. 

Melakukan Pengisian Saldo atau Top-up 

Anda sekarang sudah memiliki akun DANA dan bisa langsung melakukan pengisian saldo atau top-up. Perlu Anda ketahui, sebelum melakukan transaksi pembayaran dengan DANA harus memastikan memiliki saldo. Anda bisa melakukan pengisian saldo dengan mudah melalui sejumlah cara. 

Contohnya adalah melalui berbagai jenis bank yang tersedia di Indonesia, seperti BNI, BCA, Mandiri, BRI, CIMB dan yang lainnya. Anda tinggal memilih salah satu jenis bank yang digunakan untuk melakukan pengisian saldo DANA di akun baru Anda. 

Memilih Metode Top-up 

Anda juga bisa memilih menggunakan metode top-u dengan memakai kartu ATM, debit mobile, internet banking hingga jasa pembayaran seperti, Alfamart, Ramayana, Alfamidi dan yang lainnya.

Tunggu Saldo DANA Masuk 

Setelah Anda melakukan pengisian saldo atau top-up tinggal menunggu saldo masuk ke akun DANA Anda. Biasanya saldo akan masuk secara otomatis ke aplikasi dan dapat digunakan untuk pembayaran tagihan dan lainnya. Anda bisa mengecek saldo DANA dengan mudah di aplikasi atau akun dan nilainya akan bertambah. 

Top-up bisa dipakai untuk sejumlah kebutuhan transaksi setelah semua cara menggunakan aplikasi DANA selesai. 

2. Memakai Aplikasi DANA untuk Pembayaran Online 

Bagi Anda yang ingin mulai berbelanja, bahkan bisa membayar sejumlah tagihan, seperti listrik, air, pulsa dan yang lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa platform online ini terhubung dengan DANA sehingga bisa memilih metode pembayarannya melalui DANA dengan mudah. Nah, cara pembayaran online melalui DANA adalah:

Login Aplikasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke dalam akun DANA. Anda sudah membuat akun sebelumnya dan tinggal login dengan nomor telepon yang sudah didaftarkan sebelumnya. 

Memilih Layanan Pembayaran 

Selanjutnya Anda memilih layanan pembayaran yang tersedia di dalam aplikasi. Anda bisa melakukan pembelian voucher Google Play, iuran BPJS, membayar asuransi dan yang lainnya. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah pembelian di aplikasi sesuai dengan kebutuhannya. 

Anda juga bisa transfer saldo DANA ke platform lainnya, seperti ke akun Gopay. Pastikan Anda mengetahui cara transfer DANA ke Gopay dengan baik dan tepat. 

Memilih Metode Pembayaran DANA

Anda akan langsung diarahkan ke metode pembayaran DANA yang tersedia. Nantinya Anda akan memakai saldo DANA yang ada di akun dengan cara memotongnya secara otomatis sesuai dengan pembelian atau tagihan.

Transaksi Selesai 

Nah, sebelum Anda membayar pembelian atau tagihan pastikan dahulu apakah datanya sudah benar dan sesuai atau tidak. Jangan sampai data pembayaran yang dilakukan melalui DANA tidak benar sehingga Anda akan mendapatkan kerugian. Setelah dicek dan semua data pembayaran sesuai tinggal Anda klik bayar maka melakukan proses pembayaran dan berhasil. 

Nah, itulah panduan atau cara menggunakan aplikasi DANA untuk pembayaran online secara langsung melalui aplikasi. 

3. Cara Menggunakan Aplikasi Dana untuk Belanja Offline 

Anda juga bisa menggunakan DANA untuk berbelanja offline di sejumlah tepat, seperti restoran, mall, supermarket dan yang lainnya. Nah, cara melakukan pembayaran melalui DANA adalah:

Pastikan Pihak Toko Memiliki DANA

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah di toko tempat Anda berbelanja menyediakan metode pembayaran melalui DANA. Saat ini sudah banyak toko offline yang menyediakan pembayaran melalui e-wallet, termasuk DANA sehingga akan lebih mudah. Anda tidak perlu membayar tagihan belanjaan menggunakan uang tunai lagi karena bisa bayar dengan DANA. 

Scan QR Code 

Cara pembayaran belanjaan di toko offline dengan DANA adalah dengan cara scan QR Code yang terdapat di kasir. Biasanya tempat belanja atau toko yang menyediakan pembayaran melalui e-wallet akan tersedia QR Code di bagian kasir. Nah, Anda tinggal membuka aplikasi DANA dan menekan menu scan yang terletak di bawah aplikasi tersebut dan otomatis akan membayar tagihan belanja Anda. 

Transaksi Selesai 

Cek apakah transaksi pembayaran di DANA berhasil atau tidak. Anda juga harus memastikan smartphone yang digunakan terhubung dengan jaringan internet sehingga bisa melakukan pembayaran melalui DANA dengan mudah. 

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai cara menggunakan aplikasi DANA bagi pemula dengan mudah. Semoga bermanfaat


Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Aplikasi Dana, Pemula Wajib Tahu!!!"