Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Transfer DANA Ke Gopay Dan Sebaliknya dengan Aman Terbaru 2023

Cara transfer dana ke gopay dan sebliknya

Cara transfer DANA ke Gopay sangat mudah dilakukan oleh pengguna. DANA dan Gopay merupakan dompet digital yang kerap digunakan oleh masyarakat zaman sekarang sebagai alat pembayaran. Anda tidak usah membawa uang tunai banyak kemana-mana untuk membeli barang, makanan atau yang lainnya. 

Nah, bagi Anda pengguna aplikasi DANA bisa transfer atau kirim saldo ke platform lainnya, seperti Gopay dan yang lainnya. Apalagi fitur yang tersedia di aplikasi DANA cukup lengkap termasuk fitur transfer saldo ke akun dompet digital lainnya. Pada umumnya kedua dompet digital ini sering digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pembayaran dan berbagai transaksi digital lainnya. Penggunaan aplikasi dana pun tidaklah sulit simak berikut ini:

Syarat-syarat Kirim Saldo DANA ke Gopay 

Syarat-syarat kirim saldo DANA ke Gopay yang harus diperhatikan adalah:

  • Upgrade ke akun DANA Premium

Sebelum Anda kirim saldo dari dompet digital DANA ke Gopay harus memastikan sudah upgrade ke akun DANA Premium. Upgrade ke akun DANA Premium memiliki banyak keuntungannya. Salah satu contohnya adalah bisa kirim saldo ke Gopay bahkan bisa menarik saldo ke bank dengan mudah. 

  • Upgrade ke akun Gopay Premium

Tidak hanya harus upgrade ke akun DANA Premium, begitu juga dengan pengguna Gopay. Anda harus upgrade menjadi akun Gopay Premium untuk bisa mendapatkan transfer saldo dari platform lainnya dan juga sebaliknya bisa transfer saldo ke platform lain seperti DANA ini. 

  • Minimal Saldo DANA dan Gopay 

Kirim saldo dari DANA ke Gopay ada minimalnya yaitu Rp. 10.000,-. Sedangkan minimal kirim saldo dari Gopay ke DANA minimalnya adalah Rp. 50.000,-. Setiap platform dompet digital memiliki aturan sendiri-sendiri, khususnya untuk kirim saldo ke akun yang lainnya. 

  • Terhubung dengan Jaringan Internet 

Bagi Anda yang akan kirim saldo dari DANA ke Gopay atau sebaliknya harus terhubung dengan jaringan internet. Jika jaringan internet buruk atau terputus bisa mengakibatkan transaksi gagal. Anda harus memastikan jaringan internet lancar dan segera cek pengurangan saldo jika transaksi gagal supaya tidak 2 kali transfer saldo. 

Itulah syarat-syarat kirim saldo dari akun DANA ke Gopay yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang belum memiliki akun DANA pastikan untuk daftar dan ikuti cara daftar DANA dengan baik. 

1. Cara Kirim DANA ke Gopay Lewat Menu Transfer Bank

Tips atau cara transfer DANA ke Gopay dengan aman adalah:

1. Membuka Aplikasi DANA

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi DANA. Khusus bagi Anda yang belum memiliki akun harus daftar atau register terlebih dahulu. Anda bisa login akun DANA melalui aplikasi setelah berhasil daftar akun. 

2. Memilih Menu Kirim 

Langkah kedua adalah Anda bisa memilih menu Kirim yang tersedia di halaman utama aplikasi DANA. Setelah itu, Anda bisa memilih menu Kirim ke Rekening Bank. 

3. Memilih Permata Bank diikuti kode banknya 

Langkah ketiga adalah Anda memilih Permata Bank dan diikuti dengan kode baknya. Kode bank tersebut adalah 898 dan diikuti juga dengan nomor akun Gopay tujuan. Nantinya Anda akan transfer atau kirim saldo ke nomor akun Gopay tersebut. 

4. Mengisi nama atau alias

Langkah keempat adalah Anda bisa mengisi nama atau alias sesuai dengan keinginan.

5. Memilih Tambah Bank Baru 

Langkah kelima adalah memilih menu Tambah Bank Baru untuk melakukan transaksi kirim saldo dari DANA ke Gopay. 

6. Memasukkan nomor Virtual Account 

Langkah keenam adalah memasukkan nomor Virtual Account. Nah, cara mendapatkan nomor Virtual Account adalah dengan melihat melalui aplikasi Gojek dan ada di bagian menu isi Saldo – Pilih Instruksi – ATM – Permata Bank. 

7. Memasukkan jumlah saldo 

Langkah ketujuh adalah Anda bisa memasukkan jumlah saldo yang akan dikirim dari DANA ke Gopay. Perlu Anda pahami minimal kirim saldo dari DANA ke Gopay adalah Rp. 50.000,- dan kemudian memilih menu Lanjut untuk ke langkah berikutnya. 

8. Mengecek data dan konfirmasi 

Langkah kedelapan adalah mengecek data jumlah saldo yang akan dikirim dan juga nomor akun Gopay tujuan untuk menghindari kesalahan. Jika terjadi kesalahan penulisan nomor akun Gopay maka saldo tidak bisa dikembalikan lagi sehingga Anda harus mengeceknya dengan baik. 

9. Memasukkan PIN DANA

Langkah kesembilan adalah Anda diminta memasukkan PIN DANA dan tunggu proses kirim saldonya berhasil. 

Selesai, jika proses pengiriman saldo dari DANA ke Gopay berhasil akan muncul notifikasi. Seperti itulah tips atau cara transfer DANA ke Gopay dengan aman yang bisa dicoba oleh pengguna. 

Baca Juga: cara transfer dana ke shopeepay

2. Cara Transfer DANA ke Gopay Lewat Menu Saldo Digital

Selain cara di atas ternyata DANA sudah menyediakan menu khusus untuk melakukan transfer saldo digital misalnya dana ke gopay, dana ke shopeepay dan dana ke ovo. berikut langkah langkah yang bisa anda ikuti:
  1. Buka aplikai DANA anda
  2. Kemudian pilih menu lihat semua
  3. Scroll ke bawah dan cari saldo digital di bagian menu top up
  4. Kemudian pilih Gopay
  5. Langkah selanjutnya masukan nomor gopay tujuan
  6. Pilih jumlah nominal yang anda inginkan
  7. kemudian pilih lanjutkan 
  8. Cek kembali jika sudah benar pilih konfirmasi
  9. Selanjutnya pilih bayar 
  10. Terakhir masukan PIN dana anda
Note: Untuk cara lewat saldo digital ini tidak semua aplikasi DANA terdapat menu saldo digital, rumor mengatakan hanya akun dan premium dan memang sudah sering bertransaksi saja yang bisa melakukan top up saldo digital. Untuk mengatasinya anda bisa coba cara pertama yaitu lewat transfer bank.

Cara Kirim Gopay ke DANA 

Cara kirim saldo dari Gopay ke DANA dengan mudah dan simpel adalah:

1. Membuka Aplikasi Gojek 

Langkah pertama kirim saldo dari Gopay ke DANA adalah buka aplikasi Gojek. Gopay merupakan salah satu metode pembayaran yang tersedia di aplikasi Gojek sehingga Anda harus memiliki aplikasi ini dan buka. 

2. Memilih Menu Lainnya dan Pilih Menu Tarik 

Setelah Anda membuka aplikasi Gojek, kemudian memilih menu Lainnya dan pilih menu Tarik. 

3. Memilih Bank Lainnya

Anda bisa memilih menu Bank Lainnya dan memasukkan bank tujuan. 

4. Mengisi Nama Pemilik Rekening

Jangan lupa untuk mengisi nama pemilik rekening dan sesuaikan juga nama pemilik akun DANA yang akan dikirim saldo nantinya. Jangan sampai ada kesalahan dalam mengisi data nama pemilih rekening sehingga akan terjadi hal yang tidak diinginkan. 

5. Memasukkan Nomor Virtual Account DANA 

Masukkan nomor Virtual Account DANA penerima atau tujuannya. Anda bisa mendapatkan informasi nomor Virtual Account DANA melalui aplikasi DANA dan tinggal salin, kemudian tempel di kolom yang sudah tersedia. 

6. Simpan 

Memilih tanda centang dan klik simpan untuk menyimpan nama rekening tujuan transfer saldo Gopay Anda. Selain Anda bisa mengirimkan saldo dari DANA ke Gopay, namun juga bisa kirim ke Shopeepay dan pastikan Anda memahami cara kirim DANA ke Shopeepay dengan baik. 

7. Masukkan Jumlah Saldo 

Masukkan jumlah saldo yang diinginkan dan klik menu Tarik. 

8. Cek Data 

Cek kembali data penerima dan juga jumlah saldo yang akan ditransfer sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi. Jika Anda salah mengirimkan saldo ke akun DANA orang lain maka saldo tersebut tidak dapat dikembalikan. 

9. Memasukkan PIN Gopay

Masukkan PIN Gopay dan tunggulah beberapa saat untuk melakukan proses kirim saldo dari Gopay ke DANA.

Selesai , Apabila transaksi berhasil maka akan muncul notifikasi transaksi Anda berhasil. Anda bisa langsung cek penambahan saldo di akun DANA dan pengurangan saldo di akun Gopay. Biasanya proses kirim saldo seperti tidak memakan waktu lama, namun bisa juga diproses maksimal 1 x 24 jam tergantung dengan aturan yang ada di platform dompet digital masing-masing. 

Tanya Jawab

Transfer DANA ke GoPay minimal berapa?

Batas minimal transfer dari DANA ke gopay adalah 10.000

Apakah transfer DANA ke GoPay ada biaya admin?

Jawabannya ada, hanya 999 rupiah untuk transfer lewat saldo digital. 

Sekian informasi mengenai cara transfer DANA ke Gopay dengan aman sehingga Anda bisa mencobanya sekarang juga. 

Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "2 Cara Transfer DANA Ke Gopay Dan Sebaliknya dengan Aman Terbaru 2023"